Home Berita Nasional Quraish Shihab: Cintailah Diri Kita Sendiri, Sahabat, Pasangan, bahkan Musuh Kita

Quraish Shihab: Cintailah Diri Kita Sendiri, Sahabat, Pasangan, bahkan Musuh Kita

213
0

Liputan6.com, Jakarta –Quraish Shihab memaparkan, Islam merupakan agama cinta, karena itu Allah yang menciptakan cinta itu ke dalam jiwa manusia.

Kemudian, Quraish menjelaskan bagaimana besarnya cinta Allah kepada manusia. Seluruh bumi ini diciptakan oleh Allah SWT.
“Betapa Allah tidak mencintai manusia, padahal alam raya ini diciptakan-Nya dan ditundukkan-Nya untuk manusia.’Semua yang ada di langit dan di bumi ditundukkan oleh Allah karena cinta-Nya kepada manusia'” ujar Quraish.

Quraish menyebut, Islam adalah agama cinta. Oleh karena itu, segala wujud ciptaan Allah hendaknya dicintai, bukan dibenci.

“Cintailah Allah karena Allah mencintai kita. Cintailah Rasul mencintai kita sebelum kita mencintainya,” tuturnya.

Pendiri Pusat Studi Alquran ini menganjurkan agar kita juga bisa mencintai diri kita sendiri, sahabat, juga pasangan kita.

“Cintailah diri anda, jangan menjerumuskannya ke dalam sesuatu yang merugikannya. Cintailah sahabat anda, cintailah pasangan anda, cintailah Tanah Air anda, cintailah bahkan musuh anda karena agama ini mengajarkan jangan memusuhi manusia. Kalaupun sifatnya buruk, maka musuhilah sifatnya, bukan manusianya,” papar Quraish.

Cinta, lanjut Quraish, diciptakan Allah di dalam diri kita dan dijadikan agama ini sebagai agama cinta agar kita hidup selalu damai dan senyum.

Karena itu pula, kata dia, Nabi Muhammad SAW mengingatkan bahwa tersenyumlah, jangan kikir bersedekah walau dalam bentuk senyum.

“Dan karena itu pula Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang terlihat selalu senyum, senyum yang lahir dari rasa cinta beliau kepada mahkluk, dari rasa cinta beliau kepada umatnya, cinta yang menjadikan beliau ditegur oleh Allah karena hampir-hampir saja mencelakakan dirinya karena cintanya kepada mahkluk. Memang Islam agama cinta,” tutup Quraish.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here